#SIP Mengulas cara kerja s/w pengolah database

Picture2

ORACLE

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:

  • Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)

  • Menangani manajemen space dan basis data yang besar

  • Mendukung akses data secara simultan

  • Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi

  • Menjamin ketersediaan yang terkontrol

  • Lingkungan yang terreplikasi

SQLite

SQLite merupakan sebuah basis data mandiri (standalone) yang dapat berjalan pada berbagai sistem operasi dan juga dapat dipergunakan pada berbagai macam arsitektur dan platform hardware, dari mulai perangkat bergerak hingga Apple Macbook. Keuntungan dan kelebihan dari penggunaan SQLite adalah pada kemampuan serta portabilitasnya yang sangat minim penyertaan file library, aplikasi ini cukup menyertakan API dari SQLite sendiri dan wrapper untuk masing-masing bahasa pemrograman.

Aplikasi SQLite merupakan sebuah aplikasi embedded SQL database, dimana artinya tidak seperti pada aplikasi database SQL lainnya yang membutuhkan server untuk memproses database, SQLite akan membaca dan juga menulis langsung file pada disk lengkap dengan tabel, trigger, views, dan indeces.

MySQL

MySQL merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipergunakan untuk membuat database yang bersifat terbuka atau open source, selain itu aplikasi ini dapat berjalan disemua platform baik Linux maupun Windows. MySQL sendiri merupakan program pengakses database yang bersifat networking sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (bisa digunakan oleh banyak pengguna), MySQL merupakan aplikasi yang paling populer di kalangan para pengembang bahasa pemrograman PHP dan banyak digunakan untuk situs web, aplikasi web dan layanan online lainnya.

Firebird

Firebird merupakan salah satu aplikasi database yang lebih lengkap dari pada fitur pada MySQL, tidak seperti pada PostgreSQL yang selalu dapat dijalankan dan bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows maupun Linux dan lainnya seperti ‘varian Nix. Firebird menyediakan banyak fitur yang tersedia dalam database komersial, termasuk stored procedures, triggers, hot backups (backup sementara database berjalan). Firebird Database datang dalam dua variasi, server klasik dan server super.

    • Firebird dapat mendukung transaksi layaknya pada penggunaan aplikasi database berbayar lainnya. Pada sebuah proses transaksi aplikasi Firebird bisa di-commit atau di-rollback dengan mudah.
    • Firebird menggunakan sintaks standar untuk membuat sebuah foreign key.
    • Firebird mendukung row level locks, secara default Firebird menggunakan apa yang disebut dengan multi-version concurrency system.
    • Firebird mendukung stored procedure dan juga triggers dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak membingungkan bagi Anda yang ingin belajar
    • Firebird dapat melakukan proses replikasi, teknik replikasi yang dimaksud adalah seperti konsep trigger yang selalu memonitor adanya operasi insert, update atau delete ke dalam database.
    • Firebird support dengan multiple data file, hal ini akan sangat berguna bagi para DBA (Database Administrator) untuk mengadministrasi sebuah atau beberapa database.
    • Library connection pada aplikasi Firebird sudah terdapat driver untuk ODBC, JDBC bahkan NET database provider.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.plimbi.com/review/12105/program-aplikasi-open-source diakses pada tanggal 9 November 2015

Gunawan, Wahyu. (2012). Membuat Website Dinamis Dengan Dreamweaver Yogyakarta: Andi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s